Strategi Pengajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis
(Studi Kasus pada Siswa MTsN Bangkalan)
DOI:
https://doi.org/10.62730/qismularab.v2i01.16Abstract
Keterampilan menulis bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Bangkalan masih sangat rendah, masih menitik beratkan pada keterampilan membaca dan kurang memperhatikan pada keterampilan lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model strategi pengajaran bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi siswa kelas VII MTsN Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan populasi sampel terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pengajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTsN Bangkalan. Dengan menggunakan strategi pengajaran pendekatan kontekstual siswa bisa membaca dan memahami tulisan dengan gaya pendidikan yang menyenangkan, tidak monoton dan terfokus pada buku teks.
References
Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2007. Kebijakan Pemerintah Tentang Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah Umum. Bandung: UIN Bandung.
Hasibuan. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains.
Ibrahim, H. 2018. Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pinrang. Pinrang: Doctoral dissertation IAIN Parepare.
Johnson. 2009. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Morghan. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muna, A. 2020. Pengaruh Strategi pembelajaran Giving Questions and Getting Answer terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VII D di MTS Islamiyah Malo Bojonegoro. Bojonegoro: Doctoral dissertation Institut Agama islam Sunan Giri Bojonegoro.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang.
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wassid, Sunendar dan Iskandar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yunus, Muhamad Suparno. 2002. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M Rofii, Shobiratul Mabrukah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.