Model Pembelajaran Maharah al-Kalam Menggunakan Kitab “al-Muhadatsah al-Arabiah” Karya K.H Ahc. Ghazali Salim

(Studi Kasus Santri di PP. Raudlatul Jannah Taposan Palengaan Pamekasan)

Authors

  • Moh Supriyadi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.62730/qismularab.v2i01.24

Abstract

Berbicara bahasa arab merupakan suatu keterampilan yang produktif dari seorang pelajar yang memiliki skel dalam menggunakan suara yang akurat dan mampu mengatur susunan kata dan kalimat sehingga bisa mengungkapkan apa yang diinginkan oleh pembicara saat berbicara. Tidak diragukan lagi bahwa berbicara adalah salah satu bentuk kegiatan linguistik yang paling penting, bagi orang dewasa dan anak-anak, baik pria maupun wanita, berbicara lebih banyak digunakan dalam kehidupan manusia dibandingkan dengan tulisan. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan strategi dan tadribat lughawiyah yang menyenangkan dan memotivasi untuk mendorong siswa agar mandiri dan terdorong untuk berbicara, terutama dalam berbicara bahasa Arab dengan mudah dan benar, untuk meningkatkan kefasihan lisan. Seorang guru sangat membutuhkan kitab “al-Muhadatsah al-Arabiah” dalam pembelajaran maharah al-kalam, karana kitab ini memiliki kelebihan tersendiri yang sangat memudahkan oleh siswa terutama bagi siswa baru mengenal bahasa arab. Karena didalamnya tidak hanya focus pada materi percakan akan tetapi dilengkapi dengan latihan-latihan yang menstimulus siswa untuk berbicara bahasa arab denga fasih.

References

Abd. Rahman bn Ibrahim al-Fauzan. (1432). Idha’at al-Mu’allim al-Lughah al-Arabiah linatiqina biha. Darul Musthafa.

Abdul hamid, Uril Bahruddin, B. M. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. UIN Malang Press.

Achmad Mukhlis. (2009). Maharat al-Kalam wa Toriqah Tadrisihi. STAIN Pameikasan.

Ali Ahmad Mahzkur. (1984). Tadris Funun al-Lughah Arabiah. Maktabah al-Fallah.

Azhar Arsyad. (n.d.). Madkhal Ila thariqah Ta’limi Lughah Arabiah al-ajnabiah.

Ibrahim, M. A. (1427). Al-Maraji’ Fi Tadrisi al-Lughah al-Arabiah. Universitas al-Malik Abdul Azizi.

Maimun Nawawi. (n.d.). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Stain Press.

Manna Ibrahim al-Yudiy. (2003). Al-Hiwar Faniyatih wa Istiratijiah wa asalibu Ta’limihi.

Muarriah Munajjiyah. (2011). Istikhdam al-Ab as-Syafawiah li Tarqiyati Maharah al-Kalam. Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab UIN Malang.

Zaenuddin, Radliyah. (2005). Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. STAIN Cirebon Press.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Supriyadi, M. (2022). Model Pembelajaran Maharah al-Kalam Menggunakan Kitab “al-Muhadatsah al-Arabiah” Karya K.H Ahc. Ghazali Salim: (Studi Kasus Santri di PP. Raudlatul Jannah Taposan Palengaan Pamekasan). Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 2(01), 40–50. https://doi.org/10.62730/qismularab.v2i01.24