Implementasi Strategi Marketing Wakaf Uang di LAZISMU Pamekasan

Authors

  • Azis Ashari IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Moh Ramin IAI Al-Khiarat Pamekasan
  • Haifatul Hasanah IAI Al-Khiarat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v3i2.244

Keywords:

Wakaf Tunai, Strategi Marketing, Lazismu Pamekasan.

Abstract

Wakaf uang/wakaf tunai adalah salah satu bentuk pengumpulan dana yang dipraktekkan oleh lembaga filantropi untuk kegiatan sosial keagamaan. Wakaf uang menjadi salah satu alternatif mengumpulkan dana secara kolektif. Wakaf uang dialokasikan untuk program yang memiliki nilai jangka panjang seperti pembangunan fasilitas umum, sarana ibadah dan pendidikan dan pengadaan sarana sosial berupa ambulance dan mobil sosial. Lazismu Pamekasan adalah lembaga filantropi yang melakukan penghimpunan wakaf tunai. Ekspansi pemasaran wakaf tunai dilakukan dengan menggunakan strategi marketing guna menyasar masyarakat luas.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Lazismu Pamekasan untuk mengenalkan produk wakaf tunai, serta bagaimana bentuk kegiatan marketing wakaf tunai.Peneliti mengumpulkan data lapangan berupa wawancara dan observasi serta data lainnya untuk mendapatkan gambaran yang utuh bagaimana implementasi stretegi marketing wakaf uang di LAZISMU PamekasanImplementasi strategi marketing Lazismu Pamekasan menggunakan   personal selling, public relation dan popular media. Ketiga strategi ini memiliki relevansi yang kuat dengan Lazismu sebagai lembaga filantropi yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Ashari, A. ., Ramin, M., & Hasanah, H. (2025). Implementasi Strategi Marketing Wakaf Uang di LAZISMU Pamekasan. Journal of Economic and Islamic Research, 3(2), 559–566. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v3i2.244

Issue

Section

Articles