Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Pasar Global dengan Produk Halal

Authors

  • Moh Mardi STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v2i1.79

Keywords:

pertumbuhan, ekonomi, pasar global, produk halal

Abstract

Dari berbagai aspek ekonomi syariah, industri halal merupkan bagian yang sangat berpotensi memiliki peluang yang sangat besar untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi khususnya Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, permintaan terhadap produk halal saat ini terus mengalami peningkatan, namun pada saat yang bersamaan tersebut Indonesia masih sangat kurang memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan produk halal itu sendiri. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam atikel ini yaitu menggunakan metode pustaka dengan berbagai literatur yang digunakan kesimpulan dari arrtike ini yaitu peluang indonesia yang dimungkinkan sangat besar untuk menjadi pusat ekonomi syariah berada pada beberapa sektor diantaranya sektor keuangan syariah, sektor makanan dan minuman halal, sektor wisata halal dan fesyen muslim berbagai macam cara dan strategi telah dilakukan dan dikembangkan oleh pemerintah bersama dengan masyarakat dan pelaku usaha diantaranya adalah strategi Pembangunan Pusat Global Halal, stategi riset dan regulasi, strategi industrilialisasi, stategi preferensi halal dan strategi pengembangan usha mikro kecil menengah, namun selain peluang Indonesia juga masih memiliki banyak tantangan

Downloads

Published

2023-12-30 — Updated on 2023-12-31

Versions

How to Cite

Mardi, M. (2023). Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Pasar Global dengan Produk Halal. Journal of Economic and Islamic Research, 2(1), 97–114. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v2i1.79 (Original work published December 30, 2023)

Issue

Section

Articles