Development of Arabic Language Learning Curriculum

(Studi Kasus Pengembangan Kurikulum di PP. Darul Lughah wal Qur’an Angsokah Timur Palengaan Daya Palengaan Pamekasan)

Authors

  • Mohammad Zainal Hamdy STIBA Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.62730/qismularab.v1i01.2

Keywords:

Developing, curriculum, Arabic Learning

Abstract

Kurikulum merupakan dasar penting yang digunakan dalam sebuah lembaga untuk mengajar. A g reatkurikulum akan membawa guru ke dalam pengajaran yang baik. Dan sebaliknya, tanpa kurikulum yang baik akan menyebabkan pembelajaran tidak fokus. Permasalahan belajar mengajar di Perguruan Tinggi Darullughah wal Qur'an adalah Perguruan Tinggi Darullughah wal Qur'an tidak memiliki kurikulum. Pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi ini didasarkan pada keprihatinan guru. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kurikulum bahasa Arab yang sedang berkembang. 2) Keefektifan kurikulum bahasa Arab. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan. Dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru di Perguruan Tinggi Darullughah wal Qur'an dan peneliti memilih seluruh populasi tersebut sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Dan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan statistik analisis deskriptif dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan kurikulum bahasa Arab di Perguruan Tinggi Darullughah wal Qur'an terdiri dari: menganalisis kebutuhan siswa dan kemudian desain kurikulum, validasi ahli, dan revisi. Para guru sepakat bahwa kurikulum bahasa Arab baik digunakan di Perguruan Darullughah wal Qur'an. Dan hasil dari guru adalah 94,4% yang berarti sangat baik. Dan direktur Perguruan Darullughah wal Qur'an menegaskan bahwa kurikulum diperlukan untuk mendukung guru dalam belajar mengajar.  

References

Abdullah, A. R. S. (1997). Ta’lim al-Lughah fi Manhaj at-Thufulah al-Mubakkiroh. Wizarah as-Tsaqafah.

Al-Dulaimi, T. A. H., & Suad Abdul Karim Abbas al-Waeli. (2010). al-Lughah al-Arabiyyah: Manahijuha wa Tharaiqu Tadrisiha. Dar Syuruq lin Nasyr wa Tauzi’.

Al-Khuwalidah, M. M. (2011). Usus Binai al-Manhaj at-Tarbawiyah wa tashmim al-Kitab at-Ta’limiy. Dar al-Muyassaroh.

Amirah, I. B. (1991). al-Manhaj wa Anasiruhu. Dar al-Ma’arif.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). PT.Rineka Cipta.

Asyura, R. Q. (2010). Asalibu Tadris al-Lughah al-Arabiyyah. Dar al-Muyassaroh.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamdy, M. Z. (2016). Tathwir Manhaj Ta’lim al-Lughah al Arabiyyah [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/8575/

Hamdy, M. Z. (2019). at-Tansiq fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 2(September), 30–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i2.3585

Hamdy, M. Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca (Maharah Qiraah) Menggunakan Koran Elektrronik (Al-Jaridhah Al-Elektroniyah). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3842

Hindi, S. T., & Alyan, H. A. (1995). Dirasaat fi al-Manahij wa al-Asalib Ammah. Darul Fikri.

Ibrahim, F. T., & Kalz, R. A. (2000). al-Manahil al-Mu’ashhiroh. Mansyaul Ma’arif.

Madzkur, A. A. (2010). al-Marja’ fi Manahiji Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li an-Nathiqiina bi Lughatin Ukhra. Dar al-Fikr al-Arabiy.

Muhammad, A. I. (1997). al-Manhaj fi al-Lughah al-Arabiyyah. Maktabah Wahbah.

Rayyan, F. H. (2004). at-Tadris: Ahdafuhu, Ususuhu, Asalibuhu. ’alam al-Kutub.

Setyosari, & Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Thu’aimah, R. A. (1989). Ta’lim al-Arabiyyah li Ghairi an-Natiqiina biha: Manahijuhu wa Asalibuhu. Dar al-Fikr al-Arabiy.

Thu’aimah, R. A. (2010). al-Marja’ fi Manahiji Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li an-Nathiqiina bi Lughaatin Ukhra. Dar al-Fikr al-Arabiy.

Zainuddin, R. (2005). Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Pustaka Rihlah Group.

Downloads

Published

2021-11-28 — Updated on 2021-11-29

Versions

How to Cite

Zainal Hamdy, M. (2021). Development of Arabic Language Learning Curriculum: (Studi Kasus Pengembangan Kurikulum di PP. Darul Lughah wal Qur’an Angsokah Timur Palengaan Daya Palengaan Pamekasan). Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 1(01), 17–28. https://doi.org/10.62730/qismularab.v1i01.2 (Original work published November 28, 2021)