Pengaruh Penggunaan Metode Al-La’bu Al-Adwar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikatif Maharah Kalam
(Studi Kasus Mahasiswa Semester II STIT Miftahul Ulum Bangkalan)
DOI:
https://doi.org/10.62730/qismularab.v2i01.35Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode al-la’bu al-adwar untuk meningkatkan kemampuan komunikatif dalam maharah kalam, subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II STIT Miftahul Ulum Bangkalan. Teknik analisi data yang digunakan ialah uji normalitas dan uji t-tes dengan menggunakan bantuan software SPSS 26,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah penerapan metode al-la’bu al-adwar dengan sebelum penerapan, hal ini dibuktikan melalui uji t dengan diperoleh harga statistik t = 15,138 dengan df = 24 dan angka signifikasi atau p-value = 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk mengukur indikator tingkat pengaruh penggunaan metode al-la’bu al-adwar ialah dengan menggunakan uji Gain, dengan perolehan nilai dengan rata-rata 0.5710 yang mempunyai arti memiliki pengingkatan hasil belajar kategori sedang.
References
Ahmadi, dan Aulia Mustika Ilmiani. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. 1 ed. Bantul: Ruas Media, 2020.
Amin, Al Fauzan. Metode Pembelajaran Agama Islam. 1 ed. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press, 2015.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rev. 2010. Jakarta, 2010.
Hamzah, Amir. Penelitian Berbasis Proyek, Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Batu: Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Helmiati. Model Pembelajaran. Sleman: Aswaja Pressindo, 2012.
Mukrima, Syifa S. 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.
Mulyono, H., dan Ismail Suardi Wekke. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. 1 ed. Kulon Progo: Penerbit Gawe Buku, 2018.
Nalole, Darwati. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara ( Maharah al-kalam ) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab” 1, no. 1 (2018): 129–45. https://doi.org/https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminaj/article/view/1027.
Rosyidi, Abd Wahab, dan Mamluátul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. 1 ed. Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Sa’diyah, Halimatus. “Bermain Peran (Al-la’bu al-adwar) Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN MALIKI Malang” 3 (2018): 1–29. https://doi.org/http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3945.
Saepudin. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Praktik. 1 ed. Sleman: TrustMedia Publishing, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Yusraini, dan Musli. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jambi, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jalaludin Faruk Azhari, Asyhari Zubair

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.