Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Minat Menabung pada Produk Tabungan Qalam

Authors

  • Susi Noviana Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Athi’ Hidayati Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v3i1.137

Keywords:

Kepercayaan Nasabah, Kualitas Produk, Lembaga Keuangan, Minat Menabung, Tabungan Qalam.

Abstract

Minat nasabah untuk menabung dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kualitas produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dan tingkat kepercayaan nasabah terhadap produk tersebut. Produk tabungan Qalam dari PT BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto merupakan salah satu layanan yang ditujukan untuk meningkatkan partisipasi pelajar dalam menabung. Penelitian ini menganalisis pengaruh dua faktor utama yaitu, kualitas produk dan kepercayaan nasabah terhadap minat menabung pada produk tabungan Qalam. Kualitas produk (X1) diukur melalui fitur produk, keandalan, dan kemudahan akses, sementara kepercayaan nasabah (X2) mencakup kepercayaan terhadap bank dan keamanan produk. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menabung (Y), yang dievaluasi berdasarkan niat menabung, frekuensi menabung, dan jumlah tabungan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel, kualitas produk dan kepercayaan nasabah, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat menabung. Temuan ini memberikan wawasan bagi lembaga keuangan dalam meningkatkan layanan dan membangun kepercayaan nasabah untuk mendorong minat menabung.

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Noviana, S., & Hidayati, A. . (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Minat Menabung pada Produk Tabungan Qalam. Journal of Economic and Islamic Research, 3(1), 292–305. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v3i1.137

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)